sumber: saputrahelmi.blogspot.com |
Bagi para pengusaha pemula jarang yang sekaligus berhasil dan sukses. Hal itu merupakan suatu proses yang alami. Kegagalan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti yang dikutif dari Vivanews bahwa Kegagalan bagi seorang wirausaha pemula adalah hal yang wajar. Data statistik
menunjukkan hampir 50 persen wirausaha pemula mengalami kegagalan dalam lima
tahun pertama.
Pakar bisnis Amerika Serikat, Martin Zwilling,
mengatakan, kegagalan dalam membangun sebuah bisnis merupakan tonggak awal
menuju sukses. Para wirausaha pemula dapat belajar dari kesalahan mereka,
menggunakan pengalaman untuk maju ke ide selanjutnya.
Martin yang merupakan pendiri Startup Professionals
memberikan ringkasan 10 kegagalan, penyebab para wirausaha pemula gagal dalam
membangun bisnis dan memberikan solusinya. Berikut satu hingga lima penyebab
kegagalan dari 10 kegagalan seperti dikutip dari Youngentrepreneur.com:
1. Tidak ada rencana tertulis
Banyak wirausaha pemula yang gagal dalam memulai
bisnis, karena mereka tidak menuliskan ide bisnisnya ke dalam tulisan. Disiplin
menuliskan rencana bisnis merupakan cara terbaik bagi para wirausaha pemula
untuk mengerti dan mewujudkan ide Anda menjadi sebuah bisnis.
2. Tidak mempunyai model pendapatan
Untuk sebuah lembaga non-profit pun harus
menghasilkan pendapatan berupa donasi guna mengimbangi biaya operasional. Untuk
itu, seorang wirausaha pemula harus membuat model pendapatan agar tidak
mengalami kerugian, walaupun barang yang Anda tawarkan adalah gratis.
3. Peluang bisnis yang kecil
Tidak semua ide bisnis dapat meledak. Walaupun Anda
yakin ide itu sangat bagus dan semua orang membutuhkan. Untuk itu, Anda harus
tetap melakukan riset pasar tentang ide itu sebelum meluncurkan ke pasaran.
4. Tidak bisa mengeksekusi
Ide bisnis yang bernilai jutaan rupiah pun akan
percuma, jika Anda tidak berani mengambil risiko untuk mengeksekusinya. Anda
harus benar-benar menyiapkan diri mengambil risiko guna memasarkan ide bisnis
untuk pertama kalinya.
5. Terlalu banyak kompetisi
Tidak memiliki pesaing adalah sebuah tanda bahwa itu
berarti pasar untuk produk dan jasa Anda tidak ada. Namun, menemukan 10
perusahaan di bidang yang sama juga merupakan tanda bahwa pasar yang akan Anda
masuki itu sangat ramai. (art)